Rabu, 20 Juni 2012

Pengembangan diri dalam pelayanan


Pengembangan diri sangat diperlukan setiap orang dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Seorang pekerja dalam meniti kariernya akan selalu berusaha mengembangkan dirinya dalam segala hal sehingga memungkinkan dirinya mendapat promosi dalam jabatannya. Begitu pula dalam melayani TUhan, Pelayanan yang dilakukan adalah suatu anugrah kepercayaan dari Allah kepada umatNYA, dengan demikian pelayanan itu adalah suatu kehormatan maka harus dilakukan dengan kesungguhan hati. Setiap umat yang melayani harus mengembangkan diri semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Allahnya.
Yayasan Eunike bersyukur dengan pemimpinnya yang terus belajar dan mengembangkan diri memajukan pelayanan TUhan dalam wadah yayasan ini.  Tidak hanya pimpinan begitu juga para hamba Tuhan yang melayani juga mengembangkan diri dalam bidangnya masing-masing.  Kali ini kami bersyukur dengan kembalinya pimpinan kami dalam libur semesternya dengan memberikan beberapa pembinaan bagi seluruh pemimpin Yayasan Eunike.  Bapak Christian Kartawijaya  dan Ibu Anne Kartawijaya yang sedang melanjutkan study di Texas America pulang dengan memberikan pelatihan kepada seluruh pemimpin Kelompok Tumbuh Bersama dengan  materi pengembangan diri.
Pelatihan dibuka dengan pembahasan dari kitab Pengkotbah pasal 3:1,11 dan 14, bahwa segala sesuatu ada masanya, dan Tuhan membuat segala sesuatu itu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka, tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. Itulah kesulitasn manusia tidak belajar untuk mengerti dan menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah.  Manusia seringkali menyia-nyiakan waktunya, padahal waktu berjalan terus.
Manusia perlu menyadari bahwa setiap saat atau  moment adalah sangat penting , atau akan menjadi hal yang paling penting bagi hidup kita, masalahnya adalah bagaimana mengisinya. Secara keberdosaan manusia masuk dalam kehidupan yang penuh kesia-siaan  kecuali manusia mengisi dan menghidupinya didalam anugrah Allah, lepas dari Allah hanya akan menjumpai kesia-siaan. Diluar Allah segala sesuatu menjadi tidaklah berarti, dan kunci hidup di dalam Allah adalah tunduk dan takut padaNYA dan penyatuan diri kedalam diri anak Allah (Tuhan Yesus) adalah kunci menuju ke tidak sia-siaan.
Melayani Tuhan manusia seringkali harus bersentuhan dengan manusia lain dalam bersinergi . Networking ataupun team dalam pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam melayani Tuhan memberitakan kerajaanNYA. Dalam kerja sama inilah setiap manusia harus belajar secara pribadi mengenal akan dirinya dan mengembangkannya.
Dalam hal ini Christian menjelaskan lebih rinci  bahwa didalam pelayanan di perlukan sinergi yang dinamik, dimana dalam setiap kompenen yang bersinergi member I tekanannya masing-masing. Menurutnya dalam setiap kelompok orang yang melayani maka akan terbagi menjadi 3 kelopk jenis orang yaitu:

1.       Kelompok Thinker
2.       Kelompok Feeler
3.       Kelompok Doer
Kelompok Thinker adalah kelompok orang yang dalam pelayanannya seringkali lebih mengutamakan penggunaan pikiran ( Think)  mereka dalam pelayanan akan:
a.       To Know
b.      Understand
c.       Analyze
Kelompok Feeler adalah kelompok pelayan yang selalu menekankan sisi emotional mereka, penekanan pada Emosi hidup manusia:
a.       To like (suka)
b.      To Prefer (lebih menyukai)
c.       Treasure ( Menyimpan)
Kelompok Doer adalah kelompok yang menekankan bagian tingkah laku hidup manusia:
a.       To be able (mampu)
b.      Excell (mahir)
c.       Master
Namun harus disadari bahwa setiap manusia sebenarnya mempunyai ke 3 unsur ini namun ada satu yang akan lebih menonjol dari orang tersebut
 
Pengembangan diri sangat diperlukan setiap orang dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Seorang pekerja dalam meniti kariernya akan selalu berusaha mengembangkan dirinya dalam segala hal sehingga memungkinkan dirinya mendapat promosi dalam jabatannya. Begitu pula dalam melayani TUhan, Pelayanan yang dilakukan adalah suatu anugrah kepercayaan dari Allah kepada umatNYA, dengan demikian pelayanan itu adalah suatu kehormatan maka harus dilakukan dengan kesungguhan hati. Setiap umat yang melayani harus mengembangkan diri semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Allahnya.
Yayasan Eunike bersyukur dengan pemimpinnya yang terus belajar dan mengembangkan diri memajukan pelayanan TUhan dalam wadah yayasan ini.  Tidak hanya pimpinan begitu juga para hamba Tuhan yang melayani juga mengembangkan diri dalam bidangnya masing-masing.  Kali ini kami bersyukur dengan kembalinya pimpinan kami dalam libur semesternya dengan memberikan beberapa pembinaan bagi seluruh pemimpin Yayasan Eunike.  Bapak Christian Kartawijaya  dan Ibu Anne Kartawijaya yang sedang melanjutkan study di Texas America pulang dengan memberikan pelatihan kepada seluruh pemimpin Kelompok Tumbuh Bersama dengan  materi pengembangan diri.
Pelatihan dibuka dengan pembahasan dari kitab Pengkotbah pasal 3:1,11 dan 14, bahwa segala sesuatu ada masanya, dan Tuhan membuat segala sesuatu itu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka, tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. Itulah kesulitasn manusia tidak belajar untuk mengerti dan menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah.  Manusia seringkali menyia-nyiakan waktunya, padahal waktu berjalan terus.
Manusia perlu menyadari bahwa setiap saat atau  moment adalah sangat penting , atau akan menjadi hal yang paling penting bagi hidup kita, masalahnya adalah bagaimana mengisinya. Secara keberdosaan manusia masuk dalam kehidupan yang penuh kesia-siaan  kecuali manusia mengisi dan menghidupinya didalam anugrah Allah, lepas dari Allah hanya akan menjumpai kesia-siaan. Diluar Allah segala sesuatu menjadi tidaklah berarti, dan kunci hidup di dalam Allah adalah tunduk dan takut padaNYA dan penyatuan diri kedalam diri anak Allah (Tuhan Yesus) adalah kunci menuju ke tidak sia-siaan.
Melayani Tuhan manusia seringkali harus bersentuhan dengan manusia lain dalam bersinergi . Networking ataupun team dalam pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam melayani Tuhan memberitakan kerajaanNYA. Dalam kerja sama inilah setiap manusia harus belajar secara pribadi mengenal akan dirinya dan mengembangkannya.
Dalam hal ini Christian menjelaskan lebih rinci  bahwa didalam pelayanan di perlukan sinergi yang dinamik, dimana dalam setiap kompenen yang bersinergi member I tekanannya masing-masing. Menurutnya dalam setiap kelompok orang yang melayani maka akan terbagi menjadi 3 kelopk jenis orang yaitu:
1.       Kelompok Thinker
2.       Kelompok Feeler
3.       Kelompok Doer
Kelompok Thinker adalah kelompok orang yang dalam pelayanannya seringkali lebih mengutamakan penggunaan pikiran ( Think)  mereka dalam pelayanan akan:
a.       To Know
b.      Understand
c.       Analyze
Kelompok Feeler adalah kelompok pelayan yang selalu menekankan sisi emotional mereka, penekanan pada Emosi hidup manusia:
a.       To like (suka)
b.      To Prefer (lebih menyukai)
c.       Treasure ( Menyimpan)
Kelompok Doer adalah kelompok yang menekankan bagian tingkah laku hidup manusia:
a.       To be able (mampu)
b.      Excell (mahir)
c.       Master
Namun harus disadari bahwa setiap manusia sebenarnya mempunyai ke 3 unsur ini namun ada satu yang akan lebih menonjol dari orang tersebut
 
Pengembangan diri sangat diperlukan setiap orang dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Seorang pekerja dalam meniti kariernya akan selalu berusaha mengembangkan dirinya dalam segala hal sehingga memungkinkan dirinya mendapat promosi dalam jabatannya. Begitu pula dalam melayani TUhan, Pelayanan yang dilakukan adalah suatu anugrah kepercayaan dari Allah kepada umatNYA, dengan demikian pelayanan itu adalah suatu kehormatan maka harus dilakukan dengan kesungguhan hati. Setiap umat yang melayani harus mengembangkan diri semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Allahnya.
Yayasan Eunike bersyukur dengan pemimpinnya yang terus belajar dan mengembangkan diri memajukan pelayanan TUhan dalam wadah yayasan ini.  Tidak hanya pimpinan begitu juga para hamba Tuhan yang melayani juga mengembangkan diri dalam bidangnya masing-masing.  Kali ini kami bersyukur dengan kembalinya pimpinan kami dalam libur semesternya dengan memberikan beberapa pembinaan bagi seluruh pemimpin Yayasan Eunike.  Bapak Christian Kartawijaya  dan Ibu Anne Kartawijaya yang sedang melanjutkan study di Texas America pulang dengan memberikan pelatihan kepada seluruh pemimpin Kelompok Tumbuh Bersama dengan  materi pengembangan diri.
Pelatihan dibuka dengan pembahasan dari kitab Pengkotbah pasal 3:1,11 dan 14, bahwa segala sesuatu ada masanya, dan Tuhan membuat segala sesuatu itu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka, tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. Itulah kesulitasn manusia tidak belajar untuk mengerti dan menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah.  Manusia seringkali menyia-nyiakan waktunya, padahal waktu berjalan terus.
Manusia perlu menyadari bahwa setiap saat atau  moment adalah sangat penting , atau akan menjadi hal yang paling penting bagi hidup kita, masalahnya adalah bagaimana mengisinya. Secara keberdosaan manusia masuk dalam kehidupan yang penuh kesia-siaan  kecuali manusia mengisi dan menghidupinya didalam anugrah Allah, lepas dari Allah hanya akan menjumpai kesia-siaan. Diluar Allah segala sesuatu menjadi tidaklah berarti, dan kunci hidup di dalam Allah adalah tunduk dan takut padaNYA dan penyatuan diri kedalam diri anak Allah (Tuhan Yesus) adalah kunci menuju ke tidak sia-siaan.
Melayani Tuhan manusia seringkali harus bersentuhan dengan manusia lain dalam bersinergi . Networking ataupun team dalam pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam melayani Tuhan memberitakan kerajaanNYA. Dalam kerja sama inilah setiap manusia harus belajar secara pribadi mengenal akan dirinya dan mengembangkannya.
Dalam hal ini Christian menjelaskan lebih rinci  bahwa didalam pelayanan di perlukan sinergi yang dinamik, dimana dalam setiap kompenen yang bersinergi member I tekanannya masing-masing. Menurutnya dalam setiap kelompok orang yang melayani maka akan terbagi menjadi 3 kelopk jenis orang yaitu:
1.       Kelompok Thinker
2.       Kelompok Feeler
3.       Kelompok Doer
Kelompok Thinker adalah kelompok orang yang dalam pelayanannya seringkali lebih mengutamakan penggunaan pikiran ( Think)  mereka dalam pelayanan akan:
a.       To Know
b.      Understand
c.       Analyze
Kelompok Feeler adalah kelompok pelayan yang selalu menekankan sisi emotional mereka, penekanan pada Emosi hidup manusia:
a.       To like (suka)
b.      To Prefer (lebih menyukai)
c.       Treasure ( Menyimpan)
Kelompok Doer adalah kelompok yang menekankan bagian tingkah laku hidup manusia:
a.       To be able (mampu)
b.      Excell (mahir)
c.       Master
Namun harus disadari bahwa setiap manusia sebenarnya mempunyai ke 3 unsur ini namun ada satu yang akan lebih menonjol dari orang tersebut
 
Identifikasikan diri kita ada dimana
Ciri Khas seorang Thinker: Seperti sebuah perpustakaan, semua ada dan maunya banyak. Mereka mementingkan: Fakta, Konsep, Prinsip, Konteks, Aplikasi, Studi kata, dan hubungan anta ride-ide.
Ciri seorang Feeler (Love) : kelompok ini lebih menyukai suasana yang hangat dan panas (camp Fire), baginya learning is emotional, celebrative, warm. Pendekatannya: Mementingkan pengalaman, suasana yang hangat, nilai bersifat personal, passionate devotion, bebas bertanya, senang sharing menceritakan pengalaman, senang berelasi dengan banyak orang.
Ciri seorang  Doer: Lebih seperti laboratorium dan bengkel kerja, mereka mementingkan hal-hal yang bersifat praktis, action, kompetensi, proyek-proyek, hasil-hasil, Efisiensi, menguasai skill tertentu.
Contoh pendekatan pelayanan mereka jiak melayani sebagai pengajar:

Seorang Thinker sebagaai pengajar makaa ia akan banyak mempersiapkan tentang prinsip-prinsip dan konteksnya serta bagaimana aplikasinya, orang thinker akan memakan waktu yang sangat lama dalam persiapan. Aplikasi mereka umumnya kurang praktis sangat teoritis, kelompok ini jika berkerja sama dengan kelompok feeler maka akan banyak kendala, kelompok feeler sulitb menerima mereka.
JIka seorang Feeler yang menjadi pengajar , maka didalam pengajarannya sangat mementingkan relationship, ini menjadi yang utama namun ada kebahayaannya yaitu: Kehangatan basa basi dalam pengertian tidak terlalu dalam, tidak ada koneksi dengan firman Tuhan, baginya Extreme learning is superficial and self centered.]
Seorang Doer yang menjadi pengajar maka baginya Extreme learning is repetitive and task oriented. Dari ke 3 nya maka di simpulkan Thinker: Explainer, Feeler: Fasilitator, Doer adalah coach. Diharapka dengan mempelajari ini maka kita lebih dapat mengembangkan peran pribadi kita didalam setiap pelayananan. Tidak menjadi masalah dengan kelompok mana kita bekerja sama karena kita belajar mengembangkan ketiga hal ini dalam hidup kita.

Oleh: Ev Julimin Nagaputra. S.Th., M.A.C.M  sumber dari bahan ceramah dari bapak Christian Kartawijaya. MBA di Jakarta Garden City Sabtu , 16 Juli 2012

Identifikasikan diri kita ada dimana
Ciri Khas seorang Thinker: Seperti sebuah perpustakaan, semua ada dan maunya banyak. Mereka mementingkan: Fakta, Konsep, Prinsip, Konteks, Aplikasi, Studi kata, dan hubungan anta ride-ide.
Ciri seorang Feeler (Love) : kelompok ini lebih menyukai suasana yang hangat dan panas (camp Fire), baginya learning is emotional, celebrative, warm. Pendekatannya: Mementingkan pengalaman, suasana yang hangat, nilai bersifat personal, passionate devotion, bebas bertanya, senang sharing menceritakan pengalaman, senang berelasi dengan banyak orang.
Ciri seorang  Doer: Lebih seperti laboratorium dan bengkel kerja, mereka mementingkan hal-hal yang bersifat praktis, action, kompetensi, proyek-proyek, hasil-hasil, Efisiensi, menguasai skill tertentu.
Contoh pendekatan pelayanan mereka jiak melayani sebagai pengajar:

Seorang Thinker sebagaai pengajar makaa ia akan banyak mempersiapkan tentang prinsip-prinsip dan konteksnya serta bagaimana aplikasinya, orang thinker akan memakan waktu yang sangat lama dalam persiapan. Aplikasi mereka umumnya kurang praktis sangat teoritis, kelompok ini jika berkerja sama dengan kelompok feeler maka akan banyak kendala, kelompok feeler sulitb menerima mereka.
JIka seorang Feeler yang menjadi pengajar , maka didalam pengajarannya sangat mementingkan relationship, ini menjadi yang utama namun ada kebahayaannya yaitu: Kehangatan basa basi dalam pengertian tidak terlalu dalam, tidak ada koneksi dengan firman Tuhan, baginya Extreme learning is superficial and self centered.]
Seorang Doer yang menjadi pengajar maka baginya Extreme learning is repetitive and task oriented. Dari ke 3 nya maka di simpulkan Thinker: Explainer, Feeler: Fasilitator, Doer adalah coach. Diharapka dengan mempelajari ini maka kita lebih dapat mengembangkan peran pribadi kita didalam setiap pelayananan. Tidak menjadi masalah dengan kelompok mana kita bekerja sama karena kita belajar mengembangkan ketiga hal ini dalam hidup kita.,
Oleh: Ev Julimin Nagaputra. S.Th., M.A.C.M  sumber dari bahan ceramah dari bapak Christian Kartawijaya. MBA di Jakarta Garden City Sabtu , 16 Juli 2012

Identifikasikan diri kita ada dimana
Ciri Khas seorang Thinker: Seperti sebuah perpustakaan, semua ada dan maunya banyak. Mereka mementingkan: Fakta, Konsep, Prinsip, Konteks, Aplikasi, Studi kata, dan hubungan anta ride-ide.
Ciri seorang Feeler (Love) : kelompok ini lebih menyukai suasana yang hangat dan panas (camp Fire), baginya learning is emotional, celebrative, warm. Pendekatannya: Mementingkan pengalaman, suasana yang hangat, nilai bersifat personal, passionate devotion, bebas bertanya, senang sharing menceritakan pengalaman, senang berelasi dengan banyak orang.
Ciri seorang  Doer: Lebih seperti laboratorium dan bengkel kerja, mereka mementingkan hal-hal yang bersifat praktis, action, kompetensi, proyek-proyek, hasil-hasil, Efisiensi, menguasai skill tertentu.
Contoh pendekatan pelayanan mereka jiak melayani sebagai pengajar:

Seorang Thinker sebagaai pengajar makaa ia akan banyak mempersiapkan tentang prinsip-prinsip dan konteksnya serta bagaimana aplikasinya, orang thinker akan memakan waktu yang sangat lama dalam persiapan. Aplikasi mereka umumnya kurang praktis sangat teoritis, kelompok ini jika berkerja sama dengan kelompok feeler maka akan banyak kendala, kelompok feeler sulitb menerima mereka.
JIka seorang Feeler yang menjadi pengajar , maka didalam pengajarannya sangat mementingkan relationship, ini menjadi yang utama namun ada kebahayaannya yaitu: Kehangatan basa basi dalam pengertian tidak terlalu dalam, tidak ada koneksi dengan firman Tuhan, baginya Extreme learning is superficial and self centered.]
Seorang Doer yang menjadi pengajar maka baginya Extreme learning is repetitive and task oriented. Dari ke 3 nya maka di simpulkan Thinker: Explainer, Feeler: Fasilitator, Doer adalah coach. Diharapka dengan mempelajari ini maka kita lebih dapat mengembangkan peran pribadi kita didalam setiap pelayananan. Tidak menjadi masalah dengan kelompok mana kita bekerja sama karena kita belajar mengembangkan ketiga hal ini dalam hidup kita.,
Oleh: Ev Julimin Nagaputra. S.Th., M.A.C.M  sumber dari bahan ceramah dari bapak Christian Kartawijaya. MBA di Jakarta Garden City Sabtu , 16 Juli 2012

Tidak ada komentar: